PENGARUH GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA DI MTS NURUL FAJRI TAMBANGAN KELEKAR KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM
Main Author: | RAHMAH, AULIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/7030/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/7030/2/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/7030/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter rasa ingin tahu siswa di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim?. Tujuan penelitian ini ialah 1). Untuk mengetahui pengaruh guru Akidah Akhlak di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim. 2) Untuk mengetahui nilai karakter rasa ingin tahu siswa di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim. 3) Untuk mengetahui pengaruh guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim Metode penelitian yang digunakan ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengadakan penelitian ke lokasi langsung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan skala likert (angket). Penyebaran kuisioner (angket) sebanyak 40 pertanyaan kepada 30 responden yang diambil dari populasi sebanyak 66 siswa. Hasil Penelitian ini dengan diketahui nilai korelasi product moment yaitu 0,426 dan dikonsultasikan dengan tabel “r” product moment ternyata harga rxy lebih besar dari pada taraf 5% 0,37<0,426.Dengan ini maka Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis nihil) ditolak sehingga disimpulkan terdapat pengaruh guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak sehingga yang berlaku hipotesis yang berbunyi ada pengaruh guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa di MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.