PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 CENGAL OKI (Skripsi)

Main Author: Herlina, Tika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/696/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/696/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/696/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/696/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/696/5/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/696/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Cengal OKI. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk posttest-only Control Design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 2 Cengal OKI tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 126 orang. Dari empat kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.2 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Dengan penentuan sampel teknik simple random sampling. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan model pembelajaran Brain Based Learning di dapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,30 lebih besar dari kelas kontrol 69,04 dimana thitung = 3,416 > ttabel 1,671 dengan α = 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak artinya penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning meningkat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cengal OKI.