PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs SABILUL HASANAH BANYUASIN (Skripsi)
Main Author: | Daria, Isnaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/684/1/ISNAINI%20DARIA_TarMat.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/684/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa selama proses penerapan model pembelajaran aktif tipe team quiz pada materi sistem persamaan linier dua variabel di MTs Sabilul Hasanah Banyuasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes awal sebelum diterapkan model pembelajaran aktif tipe team quiz dan tes akhir setelah diterapkan model tersebut. Sedangkan untuk hasil observasi diambil selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran aktif tipe team quiz dengan mengisi lembar observasi. Hasil penelitian pada awal pertemuan (pretes) untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 20.83 dan untuk kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 23.94. Hasil n-gain untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai 0.83 dan untuk kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 0.7. Sedangkan untuk observasi diperoleh aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran aktif tipe team quiz pada pertemuan pertama dengan rata-rata skor 67.2 tergolong aktif, kemudian pada pertemuan kedua dengan rata-rata 79.1. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs Sabilul Hasanah Banyuasin.