PENERAPAN METODE SIMPOSIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII.6 SMP NEGERI 52 PALEMBANG
Main Author: | SALMA ANDINIZAR, NUR'AINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/6693/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6693/2/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6693/ |
Daftar Isi:
- Beberapa siswa tidak fokus belajar di karenakan proses belajar mengajar dilakukan pada siang hari sehingga membuat sebagian siswa kurang kondusif.Dengan diterapkannya metode Simposium nilai-nilai siswa lebih tinggi karena Metode Simposium dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada kelas eksperimen yang menerapkan metode Simposium dan kelas kontrol yang tidak menerapkan metode Simposium serta melihat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen.Karena penelitian eksperimen bagian dari penelitian kuantitatif yang mencari komprasi atau pengaruh dari dua atau lebih variabel independen dimana pada penelitian ini terdapat dua kelompok besar penelitian yaitu kelas VIII.6 dan kelas VIII.3 SMP Negeri 52 Palembang. Hasil penelitian dari analis data yang diperoleh menunjukkan rata-rta hasil belajar kelas eskperimen yang lebih besar yang diberi perlakuan menggunakan metode Simposium dari kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan metode Simposium, selain dari perbedaan rta-rata yang menonjol, hasil analisis dengan uji t juga menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada hasil belajar.