PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN PATROLI KEAMANAN SEKOLAH (PKS) DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG
Main Author: | RAHMAWATI, NOVIDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/6684/1/BAB%201.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6684/2/BAB%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6684/ |
Daftar Isi:
- Di era modern atau kekinian saat ini memberi pengaruh pada anak-anak, terutama pada anak sekolah. Perubahan yang terjadi dapat dipengaruhi oleh kemajuan atau perkembangan dari pengetahuan dan teknologi, hal tersebut mengakibatkan siswa memiliki karakter atau kepribadian yang kurang baik. Salah satunya karakter yang dapat dilihat pada anak sekolah, yakni karakter disiplin. Terbukti dari banyaknya kejadian di lapangan (sekolah), karena masih banyak siswa yang kurang disiplin seperti terlambat datang kesekolah, tata tertib sekolah hanya dianggap bacaan biasa yang tidak dipatuhi siswa dan belum terlihat kerja sama antara sesama guru, baik dari guru mata pelajaran dan guru piket, atau sesame guru mata pelajaran. Dengan adanya permasalan tersebut maka, peneliti bertujuan untuk melihat serta mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin siswa melalui kegiatan patroli keamanan sekolah, faktor penghambat dan pendukung serta upaya yang dilakukan dalam penanaman karakter disiplin siswa melalui kegiatan patroli keamanan sekolah (PKS) di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Metode atau teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penyusun, dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik data reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, guru pembina PKS, ketua umum, ketua angkatan 11 dan 12. Serta uji keabsahan yang digunakan oleh peneliti, yakni menggunakan uji keabsahan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dibuat melalui metode-metode yang digunakan, yakni peneliti mendapatkan beberapa point dalam menanakamkan karakter tersebut melalui teguran, himbauan, dan lain sebagainya. Kesimpulan dapat dilihat dari cara penanaman karakter baik melalui guru bimbingan konseling, guru Pembina PKS, ketua umum PKS, maupun ketua angkatan 11 dan 12 PKS, sehingga terlihat faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter disiplin tersebut.