PROGRAM PENGHAFALAN AL-QUR’AN DI YAYASAN TPQ DAN TAHFIDZ NASHRUL YATAMA PALEMBANG

Main Author: SADMINARSIH, SADMINARSIH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/6683/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6683/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6683/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul program penghafalan Al-Qur’an di Yayasan TPQ dan Tahfidz Nashrul Yatama. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui program penghafalan Al-Qur’an, serta (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari program penghafalan Al-Qur’an. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informasi datanya yakni dari 2 ustadz, 3 ustadzah, dan 4 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menarik kesimpulan dari data yang telah disajikan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui program penghafalan AlQur’an yang dapat dilihat dari beberapa hal yakni: a) Yayasan TPQ dan Tahfidz Nashrul Yatama yang memiliki waktu belajar hari Senin sampai Jumat dan memiliki 2 tingkatan kelas yang berbeda, yaitu kelas 0 dan kelas 1, b) pendidik minimal harus bisa hafal juz 30 dengan benar, c) peserta didik banyak anak yang duduk di SD/MI, d) materi dari juz 30 surah An-Naba sampai surah An-Naas baru ke juz 29, metodenya yaitu Qiraah, Sima’I, dan Muroja’ah, e) sarana dan prasarana menggunakan Al-Qur’an dan Juz Amma, f) pengelolaannya akan ada laporan bulanan prestasi murid, g) lingkungannya berada di tempat yang baik. Kemudian faktor pendukung dan penghambat program penghafalan Al-Qur’an yakni: a) faktor pendukungnya yakni semangat dan motivasi, kesehatan, hadiah, tempat dan waktu yang baik, b) faktor penghambatnya yakni rasa malas, makharijul huruf dan tajwid, suka bermain, ribut, dan handphone.