PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN GENERALISASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Main Author: PUTRI, SHELLA MARS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/6475/1/PDF_BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6475/2/PDF_BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6475/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan penalaran generalisasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan desain eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu kelas X IPA dan yang menjadi sampel, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes akhir sebagai pengukur kemampuan penalaran generalisasi matematis. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t (Independent Sample T-test) dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung = 6,28 dan ttabel = 1,99. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan penalaran generalisasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.