UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS V.A MI. NAJAHIYAH PALEMBANG (Skripsi)

Main Author: Rohma, Nyimas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/637/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/637/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/637/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/637/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/637/5/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/637/
Daftar Isi:
  • Skripsi yang berjudul Upaya Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Sifat-Sifat Operasi Hitung pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas V.A MI. Najahiyah Palembang adalah bentuk hasil penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: apakah penerapan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada mata pelajaran Matematika di kelas V.A MI. Najahiyah Palembang. Sedangkan tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada mata pelajaran matematika melalui model cooperative lerning tipe Jigsaw di kelas V.A MI. Najahiyah Palembang. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu pada semester pertama tahun ajaran 2015/2016 di kelas V.A dengan jumlah 33 siswa dalam mata pelajaran Matematika dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 60. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, tes formatif, dan dokumentasi Berdasarkan penelitian perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan, didapat hasil, yaitu dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa kondisi awal (prasiklus) ketuntasan siswa sebesar 14 siswa atau 42,4% dan yang tidak tuntas sebanyak 19 siswa atau 57,6%, kemudian dari hasil perbaikan siklus I dengan ketuntasan naik menjadi 23 siswa atau 69,7% dan yang tidak tuntas 10 siswa atau 30,3%, sedang pada siklus II telah terjadi ketuntasan klasikal sebanyak 33 siswa atau 100%. Dari penelitian ini, maka peneliti simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V.A pada mata pelajaran Matematika materi Sifat-sifat Operasi Hitung.