ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PYTHAGORAS

Main Author: RAUDHO, ZIADATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/6229/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6229/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6229/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan langkah-langkah Polya dalam menyelesaiakan soal pytahgoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara yang dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini 34 siswa kelas IX.5 SMP Negeri 1 Tanjung Batu Ogan Ilir, yang kemudian diambil 6 siswa untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kemampuan tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali dengan baik, namun ada satu siswa yang berkemampuan tinggi dapat memecahkan masalah tetapi tidak membuat langkah memahami masalah; (2) siswa kemampuan sedang mampu melaksanakan langkah Polya memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah. Namun, untuk langkah melaksanakan penyelesaian masalah, siswa sering mengalami kesalahan perhitungan dan untuk langkah memeriksa kembali kurang diperhatikan oleh siswa, karena siswa sudah meyakini jawabannya benar; (3) siswa kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali dikarenakan siswa kurang dalam memahami makna dari permasalahan (soal) yang diberikan. Jadi, kemampuan pemecahan masalah dalam penyelesaiannya tidak harus menyelesaikan dengan langkah-langkah Polya.