PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Main Author: | ERMAWATI, ENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/6208/1/BAB%20I-1.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6208/2/BAB%20V-1.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6208/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperiment Design dengan bentuk Postest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-U1 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-U6 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang diberikan berupa tes dengan tipe uraian sebanyak 7 soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan taraf signifikan = 0,05, diperoleh t_hitung = 5,89 dan t_tabel = 2,00 yang berarti t_hitung> t_tabel yaitu 5,89 > 2,00 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.