PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 10 PALEMBANG
Main Author: | SAWITRI, INDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/6205/1/PDF.%20BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6205/2/PDF.%20BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/6205/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.6 yang berjumlah 30 siswa, semua siswa dikelompokkan menjadi 3 tingkat kemampuan yaitu 2 berkemampuan tinggi, 2 berkemampuan sedang, dan 2 berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Analisis data berupa analisis deskriptif data kualitatif dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model discovery learning dikategorikan sedang. Hal ini dapat dilihat pada hasil posttest dari 7 indikator pemahaman konsep matematis yang dipakai, terdapat 3 indikator yang masih minim muncul. Dari hasil analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat terlihat melalui penerapan model discovery learning dan bertahan lama dalam ingatan siswa.