PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 PALEMBANG

Main Author: KURNIATI, KURNIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/6204/1/BAB%20I%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6204/2/BAB%20V%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6204/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dipilih sebanyak dua yaitu kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen dan VII.7 sebagai kelas kontrol dari 9 kelas dengan menggunakan teknik Simple Random sampling.Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan α= 5% diperoleh thitung = 5,369 > ttabel = 1,674 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang.