PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MAN 3 PALEMBANG

Main Author: IQBAL, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/6195/1/BAB%201%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6195/2/BAB%205%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/6195/
Daftar Isi:
  • Pada masa siswa terjadi perubahan yang sangat pesat dalam dimensi fisik, mental dan sosial yang rentan terhadap perilaku menyimpang seperti kenakalan siswa. Berkembangnya kenakalan remaja tersebut saat ini sudah menjadi bencana sosial yang sangat mengkhawatirkan. Selain menimbulkan keresahan dan merugikan masyarakat, kenakalan siswa juga memiliki dampak psikis yang sangat negatif bagi siswa yang melakukan tindakan tersebut. Dalam pengertian yang sederhana dan umum, makna pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan Adapun Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1)Apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa yang dilakukan siswa di MAN 3 Palembang? 2)Faktor apa saja yang mempengaruhi kenakalan yang dilakukan siswa di MAN 3 Palembang? 3) Bagaimana Peran Guru PAI dalam Menanggulangi kenakalan yang dilakukan siswa di MAN 3 Palembang? Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Aktivitas. Adapun teknik analisis data Ada tiga tahap analisis penelitian kualitatif menurut Miles and Humberman yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification (Penarikan Kesimpulan dan verifikasi) Berdasarkan hasil peneitian ini, Adapun pelanggaran ringan yang dilakukan siswa itu seperti terlambat berangkat sekolah, membolos, membuat gaduh di ruang kelas, tidak mau mengerjakan tugas, tidak disiplin dalam berpakaian, berbuat jahil kepada teman lawan jenis sehingga mengganggu kegiatan belajar. Dan pelanggaran yang berat yang dilakukan siswa di sekolah itu seperti berkelahi, yang biasanya di awali dengan berguarau dengan sesama teman, dan berpacaran dalam jam sekolah dan kasus yang terakhir yaitu kasus narkoba dan langsung dikeluarkan tanpa hormat. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di MAN 3 Palembang yaitu Pertama Keluarga, Siswa yang kerap melakukan kenakalan biasanya mempunyai keadaan keluarga yang kurang peduli terhadap perkembangan perilaku anaknya. Kedua Lingkungan, kehidupan lingkungan di sekitar rumah dapat membentuk karakter pergaulan anak siswa. Ketiga Keadaan Psikologi, faktor ini mampu melatarbelakangi seorang siswa terdorong untuk melakukan kenakalan. Peran Guru PAI dalam menghadapi Kenakalan Siswa di MAN 3 Palembang yaitu pertama preventif, memberi pengarahan kepada anak didik terhadap baik dan buruknya suatu perihal Kedua Represif, dalam metode ini Guru PAI mempunyai langkah identifikasi terhadap motif dan melakukan penyembuhan dengan memberikan pendampingan siswa dalam melakukan penyembuhan. sikap moral dari pelaku kenakalan remaja.