DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD/MI
Main Author: | FRANSISKA, APRILIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5998/1/BAB%20I%20april.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5998/2/BAB%20V%20april.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5998/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema indahnya keragaman di negeriku subtema indahnya keragaman budaya negeriku yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Tessmer yang terdiri dari tahap Preliminary (tahap persiapan dan tahap pendesainan) dan tahap formative evaluation (self evaluation, one to one, small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 17 Palembang dengan jumlah 25 orang. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang valid dilihat dengan hasil skor serta daran dan komentar dari validator dengan hasil kevalidan sebesar 81, (2) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang praktis dilihat dari hasil respon peserta didik sebesar 100, (3) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang efektif dilihat dari hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 92 atau 92% nilai ≥75