PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI BARISAN DAN DERET GEOMETRI UNTUK SISWA KELAS XI

Main Author: WILIYANTI, WILIYANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5958/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5958/2/BAB%20Kesimpulan%20dan%20Saran.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5958/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi Barisan dan Deret Geometri yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan terdiri dari 2 tahap yaitu tahap Preliminary (tahap analisis, tahap pendesainan) dan tahap Formative Study (self evaluation, expert review, one to one, revisi, small group, revisi dan field test). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 MAN 2 Palembang yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil validasi (expert review) dari 3 validator diperoleh skor rata-rata sebesar 81 yang tergolong sangat valid. Pada tahap Field Test diperoleh skor rata-rata 80 yang tergolong praktis. Berdasarkan tes siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 82 yang berarti bahwa memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Sehingga Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi Barisan dan Deret Geometri ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas XI tingkat SMA/MA.