PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY (INQUIRY TERBIMBING) TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM

Main Author: AL VIYANA, VINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5951/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5951/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5951/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelaj]\]aran guided inquiry(inquiry terbimbing) terhadap keterampilan psikomotorik siswa pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas XI IPA SMA Negeri I Sungai Rotan. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry(inquiry terbimbing) terhadap keterampilan psikomotorik siswa pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim dengan nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel yaitu 104,123 > 1,661 dengan nilai signifikan 0,000. Melalui model pembelajaran Giuded Inquiry (inkuiri terbimbing) siswa dapat melatih keterampilannya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan melatih keterampilan siswa inilah diharapkan kemampuan proskomotorik siswa dapat meningkat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquiry (Inquiry Terbimbing) dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa