DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA CITA-CITAKU SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD/MI

Main Author: NURHIKMAH, ASTY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5934/1/BAB%20I%20asty.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5934/2/BAB%20V%20asty.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adala meetode penelitian Tessmer yang terdiri dari dari tahap Preliminary (tahap persiapan dan tahap pendesainan) dan tahap formative evaluation (self evaluation, one to one, small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes digunakan untuk mengevaluasi dan mengetahui nilai kognitif dan angket digunakan untuk validasi. Uji kevalidan dan kepraktisan data menggunakan skala likert sedangkan uji keefektifan menggunakan rumus nilai pengetahuan dan ketuntasan individual dan klasikal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B MI Al-Adli Palembang dengan jumlah 36 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal yang valid dilihat dengan hasil skor serta saran dan komentar dari validator dengan hasil kevalidan tertinggi sebesar 80. (2) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal yang praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 100. (3) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal yang efektif dilihat dari hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 94 atau 94% nilai ≤ 75.