PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NHT) NUMBERED HEAD TOGETHER DAN (TPS) THINK PAIR SHARE PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG

Main Author: KHOIRUNNISA, ESSE
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5919/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5919/2/BAB%20V%20Kesimpulan%20dan%20Saran.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5919/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar kimia yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (2) mengetahui hasil belajar kimia yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (3) mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar mengunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini merupakah penelitian Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPA 5 yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Perposive sampling yaitu siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes soal prettest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif, statistik inferensial dan uji Prasyarat Analisis. Hasil penelitian diperoleh pada kedua kelas melalui analisis statistik deskriptif yaitu rata-rata hasil belajar menggunakan model Numbered Head Together = 72,50, sedangkan rata-rata hasil belajar menggunakan model Think Pair Share = 69,17. Hasil data statistik inferensial yang diperoleh thitung 3,508 > ttabel 2,004. Dapat disimpulkan H0 ditolak yang bermakna terdapat perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi elektrolit dan non elektrolit kelas X. IPA SMA Negeri 22 Palembang