PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP QURANIAH PALEMBANG

Main Author: OKRIAN ZANI, M. ALLI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5899/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5899/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5899/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Quraniah Palembang. Jenis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, populasi penelitian seluuruh siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu siswa kelas VIII.1 dan VIII.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji t maka diperoleh thitung = 3,768 dan ttabel = 1,9928 pada taraf signifikan 5%. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Quraniah Palembang.