ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 PALEMBANG
Main Author: | ASTUTI, TRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5877/1/1_BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5877/2/5_BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5877/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Palembang dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 24 Palembang yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep, siswa salah dalam menentukan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, tidak bisa menentukan atau membuat pola bilangan dari informasi yang diketahui; kesalahan menggunakan data, siswa tidak menggunakan data yang seharusnya digunakan; kesalahan interpretasi bahasa, siswa salah dalam menyatakan bahasa yang terdapat pada soal; kesalahan teknis, siswa tidak menyelesaikan perhitungan hingga selesai, salah dalam mengoperasikan perkalian dan menyederhanakan pecahan; dan kesalahan penarikan kesimpulan, hasil akhir penyimpulan yang dilakukan siswa tidak sesuai dengan penalaran logis.