PENERAPAN STRATEGI PQ4R MELALUI SOAL-SOAL TIPE PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG

Main Author: WIDYASARI, KARTIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5870/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5870/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5870/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat tema membaca dan pentingnya kompetisi di kancah internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkat atau tidaknya kemampuan pemecahan masalah pada siswa setelah diterapkan metode PQ4R dengan menggunakan soal-soal tipe PISA di kelas VII MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan One Grup Pretest-Posttest dimana kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dimulai pada tanggal 21 Mei 2014 dan berakhir pada tanggal 29 Mei 2014. Dari penelitian ini didapat data n-gain sebesar 0.10895 hal ini menandakan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan peningkatan. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat thitung > ttabel yaitu thitung = 7.62, dengan taraf signifikan (α) = 0.05 diperoleh ttabel = 1.6801 yang berarti Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi PQ4R melalui soal-soal tipe PISA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.