HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG

Main Author: ROSIDA, YENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5861/1/2%29%20BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5861/2/6%29%20BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5861/
Daftar Isi:
  • Minat baca pada hakikatnya adalah keinginan kuat yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan membaca atas kemauannya sendiri dengan rasa senang, serta memiliki keinginan untuk memahami makna yang terkandung dalam tulisan sehingga memperoleh informasi sebagai proses untuk mengembangkan intelektual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana minat baca siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang? dan (3) Bagaimana hubungan antara minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V di MI Hijriyah II Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis data angket, dan uji coba hipotesis. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang; (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang; dan (3) untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Hijriyah II Palembang berdasarkan analisis data dengan jumlah 72 persen termasuk dalam kategori cukup, (2) Hasil belajar siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata = 65 termasuk kategori cukup, dan (3) Ada hubungan minat baca dengan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan taraf signifikan 5%. Ternyata harga thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 5,900 > ttabel = 0,325 maka, hasil yang diterima Ha dan tolak Ho.