PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 TANAH ABANG

Main Author: ANGGRAINI, RANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5846/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5846/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5846/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan bentuk the posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Tanah Abang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang ada di SMP Negeri 2 Tanah Abang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 73 siswa. Dari data populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik cluster sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII1 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan.Pertemuan pertama dan pertemuan kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. dari hasil analisis diperoleh, thitung = 8,345 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,075 yang berarti thitung > ttabel yaitu 8,45 > 2,075. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanah Abang.