PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG (Skripsi)

Main Author: Anggraini, Veti Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/582/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/582/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/582/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/582/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/582/5/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/582/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang pada materi operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015-2016 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIIIH sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIK sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (uji pihak kanan) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 1,7914 dan ttabel = 1,6698 dengan dk = 62, maka didapat thitung>ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas eksperimen 71, sedangkan kelas kontrol sebesar 64,5 yang membuktikan penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.