ANALISIS SOAL UAS BIOLOGI (IPA TERPADU) PADA KELAS VIII MTS SABILUL HASANAH KABUPATEN BANYUASIN PALEMBANG
Main Author: | HASANAH, USWATUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5811/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5811/2/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5811/ |
Daftar Isi:
- Pergantian kurikulum yang terjadi dari kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 dan kemudian kembali lagi ke kurikulum KTSP yang sempat dilakukan oleh pemerintah menimbulkan banyak sekali pro dan kontra. Tentunya banyak sekali alasan mengapa terjadi perubahan tersebut, disamping alasan kurikulum sebelumnya harus disempurnakan karena ada kekurangan disana sini. Akantetapi yang paling mendasar adalah agar kurikulum yang akan diterapkan tersebut mampu menjawab tantangan zaman yang terus berubah tanpa dapat dicegah, dan untuk mempersiapkan peserta didik yang mampu bersaing di masa depan dengan segala kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pelaksanaan kurikulum 2013 dan KTSP mata pelajaran IPA di MTsN 1 Palembang dan SMPN19 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2016 sampai dengan selesai dengan 4 kali pertemuan masing-masing kelas sampel.Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen (true exjsperimental design).Berdasarkan hasil penelitian tentang perbandingan hasil belajar kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP, dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan terhadap hasil belajar kognitif siswa.Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan dan analisis rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 1 (Kurikulum 2013) dan kelas eksperimen 2 (KTSP) yang berbeda siginifikan. Hasil nilai ratarata kelas eksperimen 1 sebesar 75,36 sedangkan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 65,92.