PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG
Main Author: | SAFITRI, RIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5571/1/BAB%20I%20.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5571/2/BAB%20V%20.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5571/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Dengan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran tematik semua siswa terlibat aktif dan semua siswa diberi kesempatan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Jenis penelitian ini adalah true Experimental design dengan desain penelitian Posttest-only control design. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A untuk kelas yang diberikan perlakuan dan kelas III B untuk kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang dengan materi pecahan biasa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tesnya menggunakan rumus Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar kelas kontrol. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t di dapat thitung = 5,21 dan untuk ttabel dengan dk = 66 taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,99 . Karena thitung > ttabel sehingga dari hasil perhitungan uji-t ini HI diterima dan hipotesis H0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang materi pecahan biasa.