KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PANGKALAN BALAI

Main Author: WULANSARI, PUTRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5556/1/BAB%20I%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5556/2/BAB%20V%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5556/
Daftar Isi:
  • Hypothetical Learning Trajectory (HLT) merupakan alur belajar yang dirancang dalam pembelajaran terdiri dari aktivitas siswa, tujuan pembelajaran dan hipotesis. Peran HLT dapat membantu pemahaman konsep siswa pada pembelajaran melalui aktivitas yang dilakukan dan tujuan pembelajaran. HLT ini mengkonstruk ide matematika siswa dengan kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan desain HLT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Empat puluh siswa terlibat dalam penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini berupa adanya ketidakterlaksanaan HLT pada pembelajaran dan diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebanyak 32 orang berkemampuan rendah, 5 orang berkemampuan sedang dan 3 orang berkemampuan tinggi.