PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 1 AIR ITAM KECAMATAN JEJAWI OKI
Main Author: | FAIGAWATI, FAIGAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5540/1/BAB%20I%20.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5540/2/BAB%20V%20.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5540/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Air Itam Kecamatan Jejawi, OKI. Penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah diberikan perlakuan. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (the true experiment design) jenis eksperimen the posttest only design. Pengambilan sampel non probabilitas, menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 45 siswa yang terdiri dari kelas VA 23 dan VB 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik uji âtâ. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Air Itam Kecamatan Jejawi, OKI sesudah diterapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata (mean) pada kelas VB (kelas kontrol) yaitu 58, dengan skor hasil belajar kategori tinggi sebanyak 5 orang siswa (22,72%), tergolong sedang sebanyak 10 orang siswa (45,45%), dan yang tergolong rendah sebanyak 7 orang siswa (31,81%). Sedangkan nilai rata-rata (mean) kelas VA (kelas eksperimen) yaitu 78, dengan kategori yang tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa (26,08%), tergolong sedang sebanyak 14 orang siswa (60,86%), dan yang tergolong rendah sebanyak 3 orang siswa (13,04 %). Berdasarkan hasil perhitungan data kelas kontrol dan eksperimen di atas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), dapat di lihat dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Air Itam Kecamatan Jejawi, OKI. Maka dapat disimpulkan H0 (hipotesis nihil) di tolak dan Ha di terima, ini berarti menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa.