PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs PARADIGMA PALEMBANG

Main Author: MUKLASHIN, MUKLASHIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5533/1/BAB%20I%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5533/2/BAB%20V%20.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Paradigma Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Desain dengan bentuk One Shot Case Study. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas dan dipilih 1 kelas sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII.C. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket sebagai pengukuran motivasi belajar sisiwa dan observasi sebagai pengukur keterlaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t satu sampel dengan taraf signifikan = 0.05, diperoleh thitung = 5.164854474 dan ttabel = 1.721. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang.