ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA)DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG

Main Author: ANDANI, MELI ELFA AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5514/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5514/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5514/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian Analisis ini untuk mengetahui implemetasi kurikulum 2013 pada perencanaan pembelajaran biologi di kelas XI MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) di madrasah aliyah negeri 2 palembang dengan cara melihat kesiapan awal guru dalam merencanakan pembelajaran yang mengikuti pedoman kurikulum 2013 berdasarkan acuan permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses sekolah dasar menengah. Adapun langkah-langkah dari analisis ini melalui tahap wawancara, tahap dokumentasi, yang diperkuat dengan pengisian lembar ceklist terhadap komponenkomponen silabus, RPP, langkah-langkah kegiatan pembelajaran untuk melihat kesesuaian antara yang dilihat secara langsung dengan keadaan yang sebenarnya. Analisis juga dilakukan pada media pembelajaran dan bahan ajar modul dan LKPD (lember kerja peserta didik) dan perencanaan lembar penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil dari analisis ini menunjukan bahwa kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada perencanaan pembelajaran biologi dapat dikatakan sudah dilaksanakan dengan cukup baik hal ini dapat dilihat dari guru mempersiapkan RPP, silabus, media, bahan ajar, dan lembar penilaian, namun perlu ditingkatkan lagi keterampilan guru dalam merancang bahan ajar modul dan LKPD yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 hal ini tentunya didukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelatihan-pelatihan tentang kurikulm 2013.