PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DI MTS NEGERI 1 PALEMBANG

Main Author: NOVERLI, MUTHIAH FILDZAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5484/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5484/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5484/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan gender pada materi barisan dan deret aritmetika di MTs Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan populasi tujuh kelas dan sampel satu kelas, yaitu kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data tes menggunakan deskriptif naratif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil: 1) Peserta didik perempuan memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki pada materi barisan dan deret aritmetika. Hal ini dikarenakan peserta didik perempuan memiliki pemikiran yang lebih kompleks daripada peserta didik laki-laki. 2) Peserta didik laki-laki sedikit lebih unggul 10% di atas peserta didik perempuan dalam pencapaian indikator membuat simpulan. Hal ini dikarenakan peserta didik laki-laki memiliki ketertarikan terhadap hal-hal teoritis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik perempuan. 3) Peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut.