PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Main Author: ARIESTI, FITRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5456/1/2.%20BAB%20I%20Fitra%20Ariesti.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5456/2/6.%20BAB%20V%20Fitra%20Ariesti%20Revisi.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5456/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 11 kelas dan dipilih 2 kelas yang dijadikan sebagai sampel, yaitu kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, dan berdasarkan analisis data menunjukan data berdistribusi normal dan sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan sampel yang homogen maka uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh Dari uji-t, diperoleh thitung = 5,24 dengan dk = 32+33-2 = 63 dan ttabel = 1,67. Sehingga didapat thitung > ttabel maka H0 ditolak. Berdasarkan kriteria pengujian uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP.