PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI MTs PARADIGMA PALEMBANG

Main Author: LESTARINA, WENCI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5454/1/2.%20BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5454/2/6.%20BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5454/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah diterapkan pendekatan Kontekstual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A MTs Paradigma Palembang. Data penelitian diperoleh dari data keterlaksanaan kontekstual dan data motivasi belajar siswa. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan komponen kontekstual dan motivasi belajar siswa dari 8 indikator yang digunakan, terdapat 2 indikator yang belum muncul. Namun, salah satu indikator yang tidak muncul tersebut hanya pada beberapa siswa saja. Maka, diperoleh hasil bahwa siswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi belum tentu memiliki motivasi belajar tinggi, begitupun juga dengan siswa yang memiliki tingkat kemampuan sedang dan rendah.