PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG
Main Author: | NASHUHA, WULAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5453/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5453/2/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5453/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B. Data penelitian diperoleh dari keterlaksanaan CTL dan pemahaman konsep matematis. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan RPP dan asas CTL. Kemudian pemahaman konsep matematis dari 7 indikator yang digunakan, terdapat 2 indikator yang banyak muncul dan 2 indikator yang sedikit muncul. Indikator yang banyak muncul yaitu menyatakan ulang sebuah konsep dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Sedangkan, indikator yang sedikit muncul adalah memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep dan mengklasifikasi objek menurut sifat tertentu.