ANALISIS IMPLEMENTASI INSTRUMEN TWO TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: SYAHIDAH, INAS ALHANIFATUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5441/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5441/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5441/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemempuan berpikir kritis siswa menggunakan instrumen penilaian Two Tier Multiple Choice pada materi termokimia,dan (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sekolah Negeri dan Swasta diukur berdasarkan instrument penilaian Two Tier Multiple Choice. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIIPA SMAN 18 Palembang dan kelas XI IPA SMAIT Izzuddin Palembang yang masing masing siswa berjumlah 39 siswa sehingga seluruhnya terdapat 78 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes, Teknik tes kemampuan berpikir kritis yakni menggunakan instrument two tier multiple choice dan dokumentasi. Teknik non tes berupa wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan keterampilan berpikir kritis dari hasil penelitian pada dua sekolah dikategorikan tinggi yang memiliki presentasi 90% siswa SMAN 18 Palembang dan 80% SMAIT Izzuddin Palembang, (2) terdapat perbedaan berpikir kritis antara SMAN 18 Palembang dan SMAIT Izzuddin Palembang. Berdasarkan uji t diketahui rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 18 Unggulan 75,69 dan rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis SMAIT Izzuddin sebesar 65,80 sehingga SMAN 18 Unggulan Palembang lebih besar 9,90.