PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI

Main Author: SUSIANTIKA, DERRA PUTRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/5324/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5324/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/5324/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi yang valid; (2) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi yang praktis; (3) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi hukum Newton tentang Gravitasi yang efektif. LKPD berbasis PBL ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Nurul Iman Palembang terhadap peserta didik kelas X. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan LKPD soal pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Tahap develop, pada tahap ini produk awal LKPD divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli materi, media dan bahasa yang dianalisis menggunakan Sbi. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara terbatas pada peserta didik kelas XI. Hasil ujicoba terbataskepada peserta didik kelas XI, kemudian dianalisis guna mengetahui kepraktisan LKPD. Uji operasional dilakukan setelah melakukan perbaikan dari hasil ujicoba terbatas. Hasil akhir uji operasional berupa nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dan diperoleh nilai standard gain sebagai hasil peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis PBL yang layak digunakan. Ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli matei dan validator praktisi yang memperoleh skor 71,3 dengan kategori sangat baik, ahli media yang memperoleh skor 58 dengan kategori baik dan ahli bahasa yang memperoleh skor 41,78 dengan kategori sangat baik; (2) Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai 85%; (3) peningkatan hasil belajar peserta didik melalui LKPD berbasis PBL dengan standar gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang.