PENGARUH COOPERATIVE PLAY THERAPY TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH V PALEMBANG
Main Author: | DIAH AGUSTINA, NIM. 1523500048 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/4531/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/4531/2/BAB%201-converted.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/4531/3/BAB%205-converted.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/4531/4/lampiran%20belakang.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/4531/ http://perpustakaan.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Cooperative Play Therapy terhadap Keterampilan Sosial pada Anak Usia Prasekolah di TK Aisyiyah V Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Murni dengan desain Pre test post test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 subjek dengan pemilihan subjek menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner keterampilan sosial dan cheklist observasi Keterampilan sosial berdasarkan aspekaspek keterampilan sosial menurut Jarolimek (Thalib, 2017) yang dianalisis menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS versi 20 for windows. Hasil penelitian kuesioner keterampilan sosial guru, t hitung (4.438) > t tabel (2.093), maka Ho ditolak atau (2-tailed) (0,000) dan (0,000) < (0,05), maka Ho ditolak yang berarti cooperative play therapy berpengaruh terhadap keterampilan sosial. Nilai kuesioner keterampilan sosial orang tua, t hitung (2.837) > t tabel (2.093), maka Ho ditolak atau (2-tailed) (0,011) dan (0,013) < (0,05), maka Ho ditolak yang berarti cooperative play therapy berpengaruh terhadap keterampilan sosial. Kemudian, nilai checklist observasi, t hitung (5.390) > t tabel (2.093), maka Ho ditolak atau (2-tailed) (0,000) dan (0,000) < (0,05), maka Ho ditolak yang berarti cooperative play therapy berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak usia prasekolah di TK Aisyiyah V Palembang. Kata Kunci: Cooperative Play Therapy, Keterampilan Sosial