RESILIENSI PADA ANAK BINAAN LPKA KLAS 1 PALEMBANG (Studi Komparatif Pada Anak Binaan dengan Pendidikan Formal dan Pendidikan Nonformal Di LPKA Klas 1 Palembang)

Main Author: TRISAS MIKARDINA, NIM. 1523500076
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/4523/1/1.%20BAB%20JUDUL.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4523/2/2.%20BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4523/3/6.%20BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4523/4/7.%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4523/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan resiliensi pada anak binaan yang berada di LPKA Klas 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian komparatif. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 orang yang terbagi menjadi 38 orang anak binaan pendidikan formal dan 44 orang anak binaan pendidikan non-formal yang tinggal di LPKA Klas 1 Palembang. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh.Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis yaitu skala resiliensi, yang penulis susun berdasarkan sumber-sumber resiliensi menurut Grotberg, yaitu: I Have, I Am, dan I Can. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji Independent Sample T-test. Perhitungan analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan resiliensi antara anak binaan dengan pendidikan formal dan pendidikan non-formal. Dengan nilai signifikansi 0,701 > 0,05 yang berarti bahwa distribusi populasi kedua kelompok sama. Dengan nilai uji hipotesis 0,506 > 0,05 yang berarti bahwa hipotesis ditolak, sehingga tidak ada perbedaan resiliensi pada anak binaan dengan pendidikan formal dan pendidikan non-formal. Kata kunci: Resiliensi, Anak Binaan Pendidikan formal dan Pendidikan Non-formal