ISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN PDAM TIRTA AGUNG BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY

Main Author: DANIL RISALDI, NIM. 14540034
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/4519/1/cover.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4519/2/bab%201.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4519/3/bab%205.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/4519/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi sangat memungkinkan semua pihak harus menerapkan strategi sistem informasi agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen, PDAM merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Pada pelayanan pelanggan terjadi beberapa permasahan seperti sulitnya melakukan pengaduan terhadap permasalahan yang terjadi pada pelanggan serta sulitnya mengakses informasi cek berkala dan informasi pengumuman. Metode pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode Prototype. Perancangan sistem menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram). Bahasa pemrograman php dengan pengembangan database menggunakan MySQL. Sistem yang dibuat berbasis web dan Sms Gateway sehingga sistem dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan PDAM tirta agung dalam mengakses informasi. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Agung yang menghasilkan informasi pengaduan, cek berkala, pelanggan dan penilaian untuk pimpinan dalam bentuk grafik sehingga memudahkan pimpinan dalam melihat informasi tersebut. Kata kunci: PDAM Tirta Agung, Prototype, Sms Gateway.