PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG (Skripsi)
Main Author: | Sari, Eka Purnama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/424/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/424/2/BAB%20II.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/424/3/BAB%20III.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/424/4/BAB%20IV.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/424/5/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/424/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan kategori pretest-posstest only control group design yang melibatkan 34 siswa kelas VII. 2 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan indikator pemahaman konsep siswa tentang materi garis dan sudut, aspek yang diukur adalah aspek pemahaman konsep dengan 7 indikator. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji t. Berdasarkan hasil tes diperoleh kemampuan pemahaman konsep siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelas eksperimen adalah 70,853% dari 34 siswa dan kelas kontrol 46,742% dari 31 siswa. Dari pengujian hipotesis didapat thitung= 12,426 dan ttabel =1.999, karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak artinya penggunaan metode penemuan terbimbing berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Nahdlatul Ulama Palembang.