PENGARUH BERMAIN PERAN (Role Play) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI TK CENDIKIA FAIHA PALEMBANG

Main Author: CHINTIA VIRANDA, NIM. 1533500089
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/3968/1/halaman%20depan.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/3968/2/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/3968/3/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/3968/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain peran (role play) terhadap keterampilan sosial pada anak usia dini di TK Cendikia Faiha Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Quasi dengan desain Time Series Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa dengan pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen penelitian yang digunakan adalah ceklist observasi, angket guru dan angket orang tua berdasarkan aspek-aspek keterampilan sosial menurut John Jarolimek (1993) yang dianalisis dengan Paired Sample t test dengan bantuan program SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian ceklist observasi didapatkan nilai t hitung 21,298 > t tabel 2,447, pada angket guru didapatkan nilai t hitung 20,412 > t tabel 2,447 dan angket orang tua didapatkan nilai t hitung 21,166 > t tabel 2,447 dan nilai signifikansi (2-tailed) (0,000) < α (0,05). Dari hasil ketiga instrumen penelitian maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti dapat disimpulkan bahwa perlakuan bermain peran (role play) dalam penelitian ini berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak usia dini di TK Cendikia Faiha. Kata Kunci: Bermain Peran, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini