PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAMPANGAN
Main Author: | RISMAWATI, NIM. 14221090 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/3678/1/RISMAWATI%20%2814221090%29.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/3678/ http://perpustakaan.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pampangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exsperimental design dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas VII yang ada di SMP Negeri 2 Pampangan dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan = 5% diperoleh t hitung = 5,690 > t tabel = 2,005 sehingga H o ditolak dan H a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pampangan. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Berpikir Kritis