PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAMPANGAN

Main Author: RISMAWATI, NIM. 14221090
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/3678/1/RISMAWATI%20%2814221090%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/3678/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pampangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exsperimental design dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas VII yang ada di SMP Negeri 2 Pampangan dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan = 5% diperoleh t hitung = 5,690 > t tabel = 2,005 sehingga H o ditolak dan H a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pampangan. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Berpikir Kritis