PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN
Main Author: | SRI KURNIATI, NIM. 14221103 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/3400/1/SRI%20KURNIATI%20%2814221103%29.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/3400/ http://perpustakaan.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan diperoleh t hitung = 4,449 > t tabel = 1,671 sehingga H 0 ditolak dan H A diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendeketan pendidikan matematika realistik Indonesia(PMRI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan pada materi kubus dan balok. Kata kunci : Pendekatan PMRI, Kemampuan Penalaran Matematis