PENGARUH MODELPEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG

Main Author: Tri Widya Ningsih, Nim. 14270131
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/3366/1/TRY%20WIDYA%20NINGSIH%20%2814270131%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/3366/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA kelas lV MI Nurul Qomar Palembang, adapun judul skripsi yang akan dibahas ialah“Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas lV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh hasil belajar model snowball throwing pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pengaruh model snowball throwing pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? dan adakah pengaruh model pengaruh model snowball throwing pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh kelas IV MI Nurul Qomar yang berjumlah 19 orang siswa, dalam penelitan ini semua populasi dijadikan sampel. Penelitian merupakan jenis penelitian eskperimen pre-eksperimen design dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes, dalam penelitian kelas IV yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 19 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV sebelum menerapkan model pembelajaran snowball throwing mendapat skor rata-rata 35. Sedang hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Nurul Qomar Palembang sesudah menerapkan model pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatan skor mean atau rata-rata menjadi 76. Terdapat pengaruh yang meyakinkan (signifikan) setelah menerapkan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Qomar Palembang, karena terbukti dari hipotesis nihil yang diajukan dalam penelitian ini di tolak karena lebih besar daripada yaitu 0,01<6,99>0,052. Sehingga secara meyakinkan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat diandalkan sebagai model pembelajaran yang baik untuk mengajarkan alat indera manusia. Kata Kunci: Model snowball throwing dan hasil belajar