PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs INAYATULLAH GASING BANYUASIN

Main Author: LEONITA WIMAPUTRI, NIM. 12221048
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/3115/1/LEONITAWIMAPUTRI%2812221048%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/3115/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Van Hiele terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Inayatullah Gasing Banyuasin tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain true-experimen design. Kemudian bentuk true-experimen design yang diambil dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Jumlah seluruh kelas VIII yaitu 3 kelas,yang terdiri dari kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Populasi yang digunakan adalah dua kelas yang diambil sebagai sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh t hitung = 5,82 dan t tabel = 1,66 dengan taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukan bahwa H 0 diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran Van Hiele terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Inayatullah Gasing Banyuasin. Kata–kata kunci : Model Pembelajaran Van Hiele, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII, Prisma