PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs TASHILIYAH TALANG PANGERAN
Main Author: | FITRAHRIZKI UTAMI, NIM. 13221027 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/2930/1/FITRAHRIZKI%20UTAMI%20%2813221027%29.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/2930/ http://perpustakaan.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan metode discovery learning siswa kelas VIII MTs Tashiliyah Talang Pangeran. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix-methods) dengan strategi bertahap terutama eksplanatoris sekuensial. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 23 siswa, semua siswa dikelompokkan menjadi 3 tingkat kemampuan yaitu 3 berkemampuan tinggi, 16 berkemampuan sedang dan 4 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan wawancara. Analisis data berupa analisis deskriptif data kuantitatif dan data kualitatif dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan metode discovery learning, kemunculan indikator pemahaman konsep matematika siswa diperoleh sebesar 78,89% siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep. Dari hasil analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat terlihat melalui penerapan metode discovery learning dan bertahan lama dalam ingatan siswa. Kata Kunci : Metode discovery learning, Pemahaman Konsep