PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI AZIZAN PALEMBANG

Main Author: Ati Uswatun Khasanah, NIM. 14270009
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/2743/1/ATI%20USWATUN%20KHASANAH%20%2814270009%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/2743/
http://perpustakaan.ac.id
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS MI Azizan Palembang. Dari latar belakang dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu guru masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V di MI Azizan Palembang dengan penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer. Dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Azizan Palembang dengan penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer. Rancangan yang digunakan adalah the one group pretest posttest design. Dengan menggunkana pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa, hasil observasi guru dan hasil wawancara terhadap guru, serta hasil dokumentasi. Hasil penelitain ini adalah ketuntasan dari penilaian tes hasil belajar siswa dengan df sebesar 18 diperoleh r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,444. Sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,561. Denngan demikian maka 0,444 < 0,718 > 0,561. Ternyata r xy atau r o (yang besarnya 0,718) jauh lebih besar dari pada r tabel (yang besarnya 0,444 dan 0,561). Karena r o lebih besar dari pada r tabel maka Hipotesis Alternatif (H a ) diterima dan Hipotesis Nol (H o ) ditolak. Pembahasan di atas menunjukkan bahwa strategi pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci: giving question and getting answer, hasil belajar.