PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-FATAH PALEMBANG. (Skripsi)

Main Author: Buana Tungga Dewi, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/232/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/232/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/232/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/232/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/232/5/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/232/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini yang berjudul “Penerapan Metode Bermain Peran (Role Play) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Fatah Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran Fiqih di MA Al-Fatah Palembang masih menggunakan metode pembelajaran Konvensional sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran dan hasil belajar kurang maksimal. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan metode pembelajaran Bermain Peran (Role Play). Dengan metode pembelajaran Bermain Peran (Role Play) diharapkan siswa dapat mengembangkan ide dan konsep belajarnya terhadap materi yang telah dipelajari serta berbagi pengalaman kepada rekan atau teman-temannya yang lain. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menerapkan metode bermain peran (role play) di MA Al-Fatah Palembang, bagaimana hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan metode bermain peran (role play) di MA Al-Fatah Palembang, apakah ada pengaruh penerapan metode bermain peran (role play) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Fatah Palembang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan Post-test Only Control Group Design dan data diperoleh dari hasil post-test kelas Eksperimen dan kelas Kontrol . untuk menjawab rumusan masalah maka teknik analisis data yang digunakan yaitu uji “T” untuk dua sampel besar yang tidak mempunyai hubungan. Hasil belajar post-test antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa to lebih besar daripada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1% dengan perincian 1,998< 4,896>2,655. Ini berarti HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran Fiqih materi Minuman Keras antara kelas Eksperimen yang menerapkan metode bermain peran (role play) dengan kelas Kontrol yang tidak menerapan metode bermain peran (role play).