Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realstik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Palembang. Jenis True Experimental Desain yang digunakan yaitu dengan menggunakan Postest-Only Control Design. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Sampel yang kedua berjumlah 35 untuk kelas kontrol dengan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang diberikan berupa tes dengan tipe uraian sebanyak 4 soal. Analisis data menggunakan uji-t dari kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 4,769 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 2,248 yaitu sebesar 2,441, maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia; Kemampuan Pemecahan Masalah