PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 22 PALEMBANG

Main Author: Ayu Wandira, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/17724/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17724/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17724/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17724/4/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17724/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Posttest Only Control Design. Penelitian ini mengambil dua kelas dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa. data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 4,7265 dan ttabel = 1,66629 dengan = 0,05 yang berarti thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Kata Kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, kemampuan pemecahan masalah matematika.